Cara Membuat Fillet Ayam yang Benar

Cara Membuat Fillet Ayam yang Benar – Ayam menjadi bahan makanan sejuta umat yang hampir pasti disukai semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.  Banyak dari kita yang mengolah daging ayam menjadi beragam menu-menu menggugah selera seperti gulai, rendang, opor, semur dan lain sebagainya.  Bagian-bagian yang ada pada ayam ini memang sangat gurih dan terasa sangat nikmat apalagi jika disandingkan dengan seporsi nasi hangat.  Selain ayam utuh yang dipotong menjadi beberapa bagian, kita juga mengenal istilah atau sebutan fillet ayam.  Fillet ayam adalah penamaan dari bagian ayam yang hanya digunakan bagian dagingnya saja.

Fillet ayam sendiri merupakan bagian dari ayam yang biasanya berasal dagi bagian dada atau paha. Karena kedua bagian inilah yang memiliki daging lebih banyak dan minim lemak.  Fillet ayam biasa dijual di super market dengan harga yang cukup mahal.  Dari pada membeli, mengapa tidak membuatnya sendiri saja.  Di bawah ini sudah kami tuliskan trik sekaligus Cara Membuat Fillet Ayam Yang Benar dan sangat mudah anda coba di rumah.  Cara ini cukup efektif untuk menghadirkan fillet daging ayam yang bisa digunakan untuk memasak aneka hidangan lezat, selamat mencoba.

23.Cara Membuat Fillet Ayam yang Benar

  • Gunakan pisau tajam

Penggunaan pisau yang tajam adalah kunci proses fillet ayam yang mudah dan cepat.  Penggunaan pisau yang tajam dan berukuran pas akan membuat daging bisa terpotong dengan sempurna dan tidak terputus. Pilihlah pisau dengan ukuran sedang dan mampu anda kuasai.  Hindari menggunakan pisau besar karena mungkin akan membahayakan jika anda tidak cukup cekatan menggunakanya.  Namun tidak disarankan juga untuk menggunakan pisau yang terlalu kecil karena nantinya proses fillet akan berlangsung lebih lama.  Pastikan juga pisau yang anda gunakan adalah pisau bersih yang sebelumnya sudah anda cuci.

Baca juga : Cara Membuat Kremesan Ayam yang Renyah

  • Perhatikan suhu

Ayam yang baru saja keluar dari frezeer atau dalam keadaan dingin sebaiknya tidak di fillet secara langsung, akan tetapi ditunggu sampai suhu turun pada suhu ruang.  Memotong ayam yang dingin akan sangat sulit karena bagian ayam tidak bisa terlihat dengan baik, selain itu anda juga akan kesulitan karena daging ayam lebih licin dan tentu saja membahayakan diri anda sendiri.

  • Cuci bersih ayam dan pisahkan bagian-bagianya

Setelah kita mendapatkan ayamnya, cuci bersih ayam dan pisahkan dari bagian-bagian lainya.  Bagian-bagian tersebut misalnya bagian kulit, bagian lemak, bagian jeroan, ceker ayam serta kepala ayam.  Jangan lupa cuci bersih bagian ayam tersebut hingga ayam bebas dari lendir, kotoran dan ayam terasa lebih kesat.

  • Potong per bagian

Langkah pertama ketika ingin membuat fillet ayam adalah rentangkan ayam kemudian belah menjadi 2 bagian yang sama besar secara simetris kemudian belah kembali menjadi 2 bagian.  Gunakan talenan sebagai alas sehingga ayam tidak mudah bergeser. Karena kita akan mengambil bagian daging di dada saja, maka selanjutnya ambil bagian paha untuk kita fillet kembali.

  • Sayat bagian dada ayam

bagian dada ayam tersebut pisahkan dari sendi bagian paha.  Tarik tulang yang menempel ada bagian dada ayam tadi dan buang juga bagian tulang tipis menyerupai karet yang melekat pada daging. Gunakan pisau yang berukuran kecil apalagi di sendi atau tulang ayam yang harus dibuang itu letaknya di bagian yang sulit dijangkau oleh pisau berukuran besar.

  • Potong fillet sesuai selera

Terakhir potong fillet ayam sesuai dengan kebutuhan dan selera anda misalnya potong dadu jika anda ingin membuat sate taican atau pipihkan jika anda akan membuat steak.  Bisa juga anda potong memanjang jika ingin membuat sajian ayam asam manis.  Jika ayam fillet anda terlalu banyak jangan lupa menyimpanya dalam wadah dan meletakanya ke dalam frezeer.

Baca juga : Resep Ayam Mercon Khas Malang Super Pedas

Selain bagian dada ayam, cara ini juga bisa digunakan untuk mengambil daging dari bagian ayam yang lainnya seperti bagian paha misalnya.  Sangat mudah bukan  untuk membuat fillet ayam sendiri di rumah.  Di awal proses mungkin anda akan menemui kesulitan, namun dengan kesabaran dan ketelitian dijamin acara fillet anda bisa dengan mudah anda lakukan. Mungkin jika anda menggunakan ayam boiler akan terasa lebih gampang, dibandingkan dengan membuat fillet ayam kampung.  Semoga bermanfaat dan selamat memasak.

TAG

cara fillet ayam,cara fillet ayam yang benar,cara memfillet ayam,tehnik fillet dada,cara memfillet ayam atsu ikan,Cara memfill,cara memdiler daging,cara mem fillet ayam,cara fillet daging ayam,cara fillet dada ayam
Loading...
Cara Membuat Fillet Ayam yang Benar | Syella Zaneta Poetri | 4.5