Resep Minuman Tradisional

Indonesia memiliki beragam minuman tradisional yang sangat kaya akan rasa dan aroma. Setiap daerah di Indonesia memiliki minuman tradisional yang berbeda-beda, mulai dari yang manis sampai yang asam, dari yang segar sampai yang hangat. Berikut adalah beberapa resep minuman tradisional yang bisa Anda coba di rumah.

1. Wedang Jahe

Wedang Jahe
garnier Paket hemat isi 2

Wedang Jahe adalah minuman hangat yang terbuat dari jahe segar, gula merah, dan air. Jahe diparut kemudian direbus bersama gula merah dan air hingga mendidih. Minuman ini sangat cocok disajikan di malam hari atau saat cuaca dingin.

Diskon sampai 70% Produk Kecantikan Lazada

2. Es Doger

Es Doger

Es Doger adalah minuman segar yang terbuat dari campuran kelapa parut, cincau hitam, alpukat, dan sirup merah. Semua bahan tersebut dicampur kemudian disajikan dengan es serut. Es Doger cocok disajikan saat siang hari atau saat cuaca sedang panas.

3. Bajigur

Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat yang terbuat dari gula merah, kelapa parut, jahe, dan air. Semua bahan tersebut direbus hingga mendidih kemudian disajikan dalam gelas. Bajigur sangat cocok disajikan saat malam hari atau saat sedang hujan.

4. Bandrek

Bandrek

Bandrek adalah minuman hangat yang terbuat dari jahe, daun pandan, gula merah, dan air. Semua bahan tersebut direbus hingga mendidih kemudian disajikan dalam gelas. Bandrek sangat cocok disajikan di malam hari atau saat cuaca dingin.

5. Es Cendol

Es Cendol

Es Cendol adalah minuman segar yang terbuat dari campuran tepung ketan, air, daun pandan, dan gula merah. Tepung ketan dibentuk menjadi bulat-bulat kecil kemudian dimasak dalam air mendidih. Setelah matang, cendol disajikan dengan santan dan sirup merah.

6. Es Teler

Es Teler

Es Teler adalah minuman segar yang terbuat dari campuran kelapa muda, alpukat, cincau hitam, nangka, dan sirup merah. Semua bahan tersebut dicampur kemudian disajikan dengan es serut. Es Teler cocok disajikan saat siang hari atau saat cuaca sedang panas.

7. Sari Asem

Sari Asem

Sari Asem adalah minuman segar yang terbuat dari campuran asam jawa, gula merah, dan air. Semua bahan tersebut dicampur kemudian disajikan dengan es batu. Sari Asem sangat cocok disajikan saat siang hari atau saat cuaca sedang panas.

8. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda adalah minuman segar yang terbuat dari air kelapa muda dan es serut. Minuman ini sangat cocok disajikan saat siang hari atau saat cuaca sedang panas.

9. Es Campur

Es Campur

Es Campur adalah minuman segar yang terbuat dari campuran buah nangka, kelapa muda, cincau hitam, dan sirup merah. Semua bahan tersebut dicampur kemudian disajikan dengan es serut. Es Campur cocok disajikan saat siang hari atau saat cuaca sedang panas.

10. Bir Pletok

Bir Pletok

Bir Pletok adalah minuman hangat yang terbuat dari jahe, kayu secang, daun pandan, dan gula merah. Semua bahan tersebut direbus hingga mendidih kemudian disajikan dalam gelas. Bir Pletok sangat cocok disajikan di malam hari atau saat cuaca dingin.

Itulah beberapa resep minuman tradisional Indonesia yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Video Tentang Resep Minuman Tradisional

Free Ongkir Setiap Hari
About Author: