Resep Jajanan Pasar: Kuliner Tradisional yang Tak Tergantikan

Jajanan Pasar Indonesia
garnier Paket hemat isi 2

Jajanan pasar merupakan kuliner tradisional yang telah ada sejak zaman dahulu. Makanan ini biasanya dijual di pasar atau di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Jajanan pasar sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu budaya kuliner yang tak tergantikan.

Kue Lumpur

Kue Lumpur Indonesia

Kue lumpur adalah salah satu jajanan pasar yang terkenal di Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan santan. Kemudian, adonan dimasukkan ke dalam cetakan dan dipanggang hingga matang. Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Diskon sampai 70% Produk Kecantikan Lazada

Cireng

Cireng Indonesia

Cireng adalah jajanan pasar yang berasal dari Jawa Barat. Cireng terbuat dari tepung tapioka dan dibentuk seperti silinder. Kemudian, cireng direbus dan disajikan dengan bumbu kacang. Cireng memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih.

Getuk

Getuk Indonesia

Getuk adalah jajanan pasar yang terbuat dari ketela pohon. Ketela pohon dihaluskan dan dicampur dengan gula dan santan. Kemudian, adonan dibentuk seperti bola-bola kecil dan diberi topping kelapa parut. Getuk memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Rempeyek

Rempeyek

Rempeyek adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras, udang, dan bumbu-bumbu rempah. Adonan kemudian dicetak tipis dan digoreng hingga matang. Rempeyek memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

Putu Ayu

Putu Ayu

Putu ayu adalah jajanan pasar yang berasal dari Jawa. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula, kelapa parut, dan daun pandan. Kemudian, adonan dimasukkan ke dalam cetakan dan dipanggang hingga matang. Putu ayu memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Es Kopyor

Es Kopyor

Es kopyor adalah minuman tradisional yang populer di Indonesia. Minuman ini terbuat dari kelapa muda, gula, dan es serut. Es kopyor memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Lemper

Lemper

Lemper adalah jajanan pasar yang terbuat dari ketan dan daging ayam atau ikan. Ketan diisi dengan daging ayam atau ikan yang telah dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, lemper dikukus hingga matang. Lemper memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih.

Cakwe

Cakwe

Cakwe adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung terigu, air, dan baking powder. Adonan kemudian digulung dan dipotong-potong lalu digoreng hingga matang. Cakwe memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

Combro

Combro

Combro adalah jajanan pasar yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu rempah. Kemudian, adonan dibentuk seperti bola kecil dan diisi dengan potongan tempe atau oncom. Combro kemudian digoreng hingga matang. Combro memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah jajanan pasar yang terbuat dari tahu dan bumbu-bumbu rempah. Tahu kemudian dipotong kecil-kecil dan disiram dengan air gula, air jeruk nipis, dan bawang goreng. Tahu gejrot memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang asam asin.

Conclusion

Jajanan pasar merupakan kuliner tradisional Indonesia yang memiliki beragam jenis dan rasa. Walaupun makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau, namun kualitas dan rasa jajanan pasar tidak bisa dipandang sebelah mata. Jajanan pasar menjadi salah satu budaya kuliner yang patut dijaga dan dilestarikan. Mari kita terus mempromosikan kuliner Indonesia ke seluruh dunia.

Video Tentang Resep Jajanan Pasar: Kuliner Tradisional yang Tak Tergantikan

Free Ongkir Setiap Hari
About Author: