Resep Kerang Hijau Buncis Saus Tiram Super Pedas Dan Lezat

Resep Kerang Hijau Buncis Saus Tiram Super Pedas Dan Lezat – Kerang adalah salah satu jenis hewan laut yang tumbuh dan hidup dengan menempel pada karang atau batang-batang kayu di lautan.  Kerang sendiri  banyak sekali jenisnya mula dari kerang dara, kerang bambu, kerang kapak bahkan kerang hijau.  Untuk opsi terakhir yaitu kerang hijau, anda tentu sudah terbiasa melihat kerang yang satu ini.  Kerang hijau segera tidak hanya dijual di asar, tetapi kerang hijau yang sudah diolah dan siap makanan juga banyak dijajakan sehingga ada bisa dengan mudah mencicipinya.  Seperti namanya kalau kerang hijau ini memiliki tampilan berwarna hijau kehitaman yang ada di cangkangnya.

Kerang hijau sendiri sangat enak dan memiliki nilai kandungan gizi yang sangat banyak, terutama vitamin, mineral serta kalsium.  Tidak heran jika makanan laut ini banyak digemari oleh banyak orang.  Jika biasanya kita hanya menyantap olahan kerang hijau yang dimasak dengan bumbu-bumbu, mengapa tidak berkreasi dengan resep lain?  Kali ini kami sudah menuliskan resep pilihan yang pasti akan membuat anda ketagihan Resep Kerang Hijau Buncis Saus Tiram Super Pedas Dan Lezat ini bisa anda jadikan referensi dalam mengolah kerang hijau. Kerang hijau dan buncis yang dimasak pedas dengan saus tiram dijamin akan membuat anda tidak bisa berhenti makan.  Tidak percaya?  Silahkan intip dan coba ya resepnya, dijamin mudah dan praktis.

Diskon sampai 70% Produk Kecantikan Lazada

Resep Kerang Hijau Buncis Saus Tiram Super Pedas Dan Lezat

garnier Paket hemat isi 2

Baca juga : Cara Membuat Kerang Hijau Saus Tiram Enak

Bahan yang dibutuhkan :

  • Kerang Hijau sebanyak 500 gram
  • Kacang Buncis sebanyak 500 gram
  • Daun bawang sebanyak 2 batang
  • Bawang Bombay sebanyak 1 buah
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Cabai merah besar sebanyak  4 buah
  • Saos tiram secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula  pasir secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Air bersih sebanyak 50 ml

Cara membuat Kerang Hijau Buncis Saus Tiram  :

  1. Sebagai langkah awal, kita siapkan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang akan kita gunakan. Siapkan bawang putih serta bawang Bombay kemudian iris halus atau anda bisa mencincangnya menggunakan pisau.
  2. Siapkan juga buncis yang akan kita olah dengan membuang kedua bagian ujungnya lantas cuci bersih di bawah air yang mengalir. Jika sudah potong-potong kacang buncis dengan ukuran 2-3 cm.
  3. Untuk kerang hijau jangan lupa untuk mencucinya hingga benar-benar bersih. Jika perlu sikat bagian cangkang kerang hijau agar lumpur atau kotoran yang menempel bisa hilang.  Lalu bilas kerang hijau dan tiriskan hingga airnya berkurang.
  4. Ambil wajan bersih kemudian tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan dan panaskan menggunakan api sedang sampai minyak goreng cukup panas.
  5. Masukan bawang Bombay serta bawang putih yang sudah kita iris sebelumnya, aduk-aduk dan asak sampai bawang harum dan layu.
  6. Masukan juga bahan lain yaitu potongan cabai ke dalamnya, aduk-aduk kembali sampai cabai layu.
  7. Tambahkan bahan-bahan penambah rasa yaitu kecap manis, saus tiram, kecap asin, merica bubuk, garam halus serta gula pasir. Aduk-aduk semua bahan dan koreksi rasa agar sesuai dan pas di lidah anda.
  8. Masukan kerang hijau ke dalam wajan kemudian tambahkan air bersih ke dalamnya. Banyaknya air bisa anda sesuaikan dengan keinginan atau selera anda.  jika anda suka sajian yang berkuah, maka tambahkan lagi air lebh banyak.
  9. Tambahkan juga buncis yang sudah kita potong. Masak sampai buncis menjadi empuk dan cangkang kerang terbuka.  Matikan api dan kerang hijau dengan buncis siap untuk disantap.

Baca juga : Resep Tumis Kerang Pedas Lezat dan Gurih

Jika anda suka buncis yang masih bertekstur kress dan garing maka jangan terlalu lama untuk memasak buncis.  Namun jika anda suka buncis yang empuk dan lay maka anda bisa memasak buncis hingga lembut dengan proses pemasakan yang lebih lama.  Selain penambahan buncis anda juga bisa memasukan jenis sayuran lain ke dalam masakan ini misalnya potongan wortel atau kembang kol. Jika anda memang penyuka pedas, maka anda bisa menambahkan beberapa potong cabai rawit utuh ke dalamnya agar sensasi makan semakin nikmat terasa.  Sebaiknya sajian istimewa ini disajikan selagi hangat agar rasa saus tiram tidak terlalu amis.

Free Ongkir Setiap Hari
About Author: