Tips Memilih Kentang yang Bagus dan Berkualitas

Tips Memilih Kentang yang Bagus dan Berkualitas – Kentang adalah salah satu bahan makanan yang memiliki penggemarnya tersendiri.  Tidak hanya karena rasanya enak tetapi juga karena kentang merupakan sumber karbohidrat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan pengganti nasi atau jagung.  Jadi bagi anda yang ingin diet karbo, anda bisa mengganti makanan pokok anda dengan kentang putih.   Kentang-kentang ini cukup awet untuk disimpan dalam waktu yang cukup lama lho.

Tetapi anda harus waspada karena pada dasarnya kentang bisa jadi busuk atau lembek padahal disimpan dalam tempat yang tepat.  Kali ini kami akan memberikan Tips Memilih Kentang Yang Bagus Dan Berkualitas untuk dimasak menjadi makanan yang nikmat dan lezat.  Tips ini bisa menjadi sumber informasi bagi anda dan dapat anda gunakan ketika anda berbelanja kentang baik di pasar tradisional ataupun super market.  Semoga tips yang kami bagikan bermanfaat dan selamat mencoba.

15.Tips Memilih Kentang yang Bagus dan Berkualitas

  • Waspadai kentang yang berwarna hijau

Terkadang kita temui banyak sekali kentang yang berwarna hijau ayang dijajakan di pasaran.  Waspadai kentang yang berwarna hijau ini ya, sebaiknya anda tidak memilihnya tau membelinya karena kentang berwarna hijau ini menunjukan kualitas ketang yang kurang baik.  Warna hijau pada kentang disebabkan oleh usia kentang yang masih terlalu muda serta terlalu banyak terpapar oleh sinar matahari.  Kentang hijau juga memiliki racun karena mengandung senyawa bernama solanina yang bisa menyebabkan gatal-gatal, mual, diare serta sait kepala atau pusing.

Baca juga : Resep Kering Kentang Teri Balado Pedas Enak

  • Perhatikan ciri fisik kentang

Kentang yang baik dan layak konsumsi juga terlihat dari bentuk fisiknya.  Kentang berkualitas ditandai dengan permukaan yang halus, mulus dan tidak terdapat cekungan yang mengarah pada bagian yang busuk. Kentang dengan kulit yang mulus memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan kentang yang memiliki kulit kasar. Cocok sekali jika anda yang ingin membuat makanan seperti kentang kering atau kentang goreng.

  • Memiliki bobot yang pas dan keras

Bobot ketang juga menjadi penanda kentang berkualitas, kentang berkualitas cukup berat karena daging umbinya tebal dan padat. Kentang yang eras juga menandakan bahwa daging umbi kentang masih utuh dan tidak terdapat kerusakan atau kebusukan di dalamnya. Berbeda dengan kentang yang memiliki bobot ringan tentu saja mengindikasikan bahwa bagian dalam umbi kentang sudah rusak atau bahkan menjadi sarang serangga dan ulat.

  • Pilih kentang yang kering

Jangan sekali-kali anda memilih kentang dalam keadaan basah, karena kandungan air yang terdapat pada bagian luar kulit kentang bisa menyebabkan lembab.  Kelembaban yang berlebih inilah yang bisa membuat kentang menjadi cepat busuk dan lembek.  Namun jika sudah terlanjur membeli kentang dan basah, keringkan kentang dengan menggunakan kertas tissue sampai kering kemudian angin-anginkan hingga permukaan kentang tidak basah lagi.

  • Tidak memiliki tunas

Sebaiknya anda tidak memilih kentang yang memiliki tunas di bagian cekungan umbinya.  Tunas0tunas tersebut biasanya berukuran kecil seperti daun dan bentuknya bergerombol. Jika satu tunas sudah tumbuh, bukan tidak mungkin tunas lain juga ikut tumbuh di cekungan kentang.

Hal tersebut bukan berarti kentang tidak layak konsumsi, hanya saja hal ini menandakan bahwa kentang sudah lama untuk disimpan atau dipanen.  Sebaiknya tidak memilih kentang yang sudah bertunas untuk dikonsumsi, dari pada dibuang tanam saja kentang tersebut sebagai tanaman dalam pot anda.

  • Segera olah kentang

Hal yang terpenting setelah anda mendapatkan kentang dengan ciri-ciri di atas adalah anda harus mengolahnya.  Tidak menyimpan kentang terlalu lama adalah kunci untuk mendapatkan kentang segar dan kaya akan banyak manfaat.

Baca juga : Resep Kentang Goreng French Fries Garing Asli Khas Kfc

Selain tis-tip diatas, kami juga sudah menuliskan beberapa trik yang bisa anda gunakan untuk menyimpan kentang agar daya simpanya lebih lama.  Yaitu simpan kentang dalam ruang terbuka yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Misalnya letakan dalam keranjang yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kentang tidak akan lembab.  Kentang baik dikonsumsi maksimal 2 minggu dari waktu pembelian.  Jadi dengan mengetahui tips-tips tersebut tentu anda bisa memilih dan menyimpan kentang dengan cara yang tepat, semoga bermanfaat.

TAG

bagaimana kita bisa mengetahui jagung dan kentang telah layak di konsumsi?menurut kami,ciri ciri kentang layak di konsumsi
Tips Memilih Kentang yang Bagus dan Berkualitas | Syella Zaneta Poetri | 4.5