Tips dan Resep Kulit Lumpia agar Tidak Pecah Saat Digulung

Tips dan Resep Kulit Lumpia agar Tidak Pecah Saat Digulung – Tahukah anda tentang panganan yang menggunakan bahan berupa kulit kumpai?  Makanan-makanan tersebut misalnya saja risoles, lumpia atau bahkan samosa serta martabak.  Panganan tersebut sangat enak dan tentu saja bisa menjadi sajian yang praktis dikala menunggu jam makan siang.  Biasanya isian dari kulit lumpia ini sangat beraneka ragam mulai dari semur ayam, tumisan sayuran seperti kentang dan wortel, bihun berbumbu ataupun olahan berbahan dasar rebung serta udang.  Apapun isiannya yang jelas kulit lumpia mampu menyajikan makanan yang garing di luar namun tetap lembut di dalam.   Banyak dari kita yang mungkin membeli kulit lumpia di pasar ataupun supermarket, tetapi akankah lebih baik kalau kita membuat sendiri makanan yang akan kita nikmati.

Dari sekian banyak resep kulit lumpia yang mungkin beredar, masalah utamanya adalah kulit lumpia yang mudah pecah dan terlalu tebal bukan.  Ini adalah masalah klasik yang ternyata memiliki solusi yang mudah.  Kami sudah merangkum beberapa tips dan resep kulit lumpia agar tidak pecah saat digulung,  resep dan tips ini sangat sederhana dan dijamin akan membuat rasa dan tampilan makanan lumpia kanda semakin cantik dan menarik, selamat mencoba.

19.Tips dan Resep Kulit Lumpia agar Tidak Pecah Saat Digulung

Baca juga : Resep Cara Membuat Lumpia Jamur Pedas Gurih

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung terigu sebanyak 200 gram
  • Garam halus sebanyak 1 sdt
  • Air bersih sebanyak 200 ml
  • Putih telur ayam sebanyak 10 ml

Cara membuat Kulit Lumpia  :

  1. Mula-mula tentu kita harus menyiapkan wadah yang bersih sebagai tempat kita membuat bahan kulit lumpia. Kemudian masukan bahan yaitu tepung terigu serta garam halus.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil aduk semua bahwa menggunakan sendok sayur ataupun spatula. Aduk terus sehingga air habis dan bahan-bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan putih telur ke dalam adonan tadi dan aduk-duk kembali. Ambil saringan kemudian saring bahan-bahan tersebut untuk menghindari adanya adonan yang menggumpal baik itu dari tepung atau putih telur.  Lakukan penyaringan tersebut sebanyak 2-3 kali hingga di dapat adonan yang halus dan lembut.  Jika sudah sisihkan sejenak selama 15 menit.
  4. Ambil wajan anti lengket atau teflon kemudian tuangkan sedikit minyak goreng ke dalamnya. Gunakan api kecil dan masak terus sampai teflon panas.
  5. Tuangkan 1 sendok sayur adonan kemudian goyangkan teflon hingga adonan rata dan menyebar. Masak hingga kulit lumpia kering dan angkat, lakukan sampai adonan habis dan kulit lumpia siap untuk digunakan.

Resep membuat kulit lumpia yang sudah kami bagikan tadi memang sederhana dan sangat mudah.  Resep ini mampu menghasilkan kulit lumpia yang gurih dan kenyal.  Untuk membuat proses pemasakan kulit lumpia lebih sukses lagi, kami sudah menyertakan beberapa tips seperti gunakan ukuran sendiri sayur yang disesuaikan dengan ukuran teflon anda.  jangan sampai sendok sayur terlalu besar sehingga adonan yang dituangkan dalam teflon terlalu banyak.  Jika kita menuangkan adonan terlalu banyak, maka adonan akan terlalu tebal.  Selain akan sulit untuk digulung, adonan yang tebal juga sangat mudah sobek.

Tips lain adalah gunakan bahan-bahan yang berkualitas.  Jangan gunakan tepung terigu yang memiliki kualitas rendah karena akan terasa apek dan mudah pecah saat dimasak.  Tepung terigu berkualitas rendah juga akan membuat permukaan kulit lumpia tidak mulus dan cenderung berlubang ketika di masak. Ketika anda ingin menuangkan adonan ke dalam teflon memang dibutuhkan minyak, namun penggunaan minyak tersebut jangan berlebihan karena minyak yang banyak akan membuat adonan terlalu basah dan akhirnya sulit untuk digulung.  Ketika sulit digulung inilah kulit lumpia menjadi lebih mudan untuk sobek.

Baca juga : Resep Cara Membuat Martabak Telur Kulit Lumpia Enak Simpel

Terakhir sebaiknya masukan bahan isian dan gulung ulit lumpia saat keadaan panas atau hangat.  Jadi sebaiknya saat kulit lumpia baru diangkat segera beri bahan toping dan gulung.  Rekatkan juga menggunakan larutan tepung atau putih telur.  Jika kulit lumpia di gulung dalam keadaan dingin, kulit lumpia sudah menjadi kuat dan tidak lentur yang bisa menyebabkan kulit lumpia menjadi pecah pada bagian tengahnya. Semoga tips-tips yang kami berikan bisa bermanfaat bagi anda, jadi sudah siap untuk memasak kulit lumpia hari ini?

TAG

cara membuat kulit lumpia agar tidak pecah,cara mwmbuat kulit lumpia agar tdk mdah pecah,membuat kulit lumpia agar tidak mudah sobek atau pecah
Tips dan Resep Kulit Lumpia agar Tidak Pecah Saat Digulung | Syella Zaneta Poetri | 4.5