Resep Roti Maryam Istimewa Khas Arab

Resep Roti Maryam Istimewa Khas Arab – Roti Maryam merupakan salah satu kuliner khas timur tengah. Meskipun disebut “roti” namun adonannya tidak mengembang seperti roti pada umumnya. Roti Maryam dapat dinikmati sebagai camilan yang dapat mengenyangkan perut. Karena rasanya tawar-gurih, hidangan ini dapat disajikan dengan tambahan bahan-bahan lain sesuai selera penikmatnya. Seperti ditambahkan keju, susu kental manis, buah-buahan, meises, madu, dan lain sebagainya. Selain itu, Roti Maryam juga nikmat disantap dengan ditemani gulai. Baik gulai kambing, gula ayam, maupun gulai sapi.

Cara membuat Roti Maryam tidak begitu sulit, bahan-bahannya pun mudah ditemukan dengan harga yang ekonomis. Oleh karena itu, kami rekomendasikan untuk membuat hidangan ini di rumah. Resep yang kami bagikan ini masih berupa roti maryam original. Untuk menambah kenikmatannya, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera. Berikut resepnya kami rangkumkan untuk Anda di bawah ini.

jan-23-resep-roti-maryam-original-lezat

Advertisement

Bahan-bahan untuk membuat Roti Maryam:

  • Tepung terigu sebanyak 200 gram
  • Margarin sebanyak 30 gram
  • Kuning telur sejumlah 2 butir
  • Garam sebanyak ¼ sendok teh
  • Air hangat sebanyak 80 ml

Cara membuat Roti Maryam :

  1. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, margarin, kuning telur dan garam.
  2. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga tercipta adonan yang kalis.
  3. Ambil adonan dan bagi menjadi 5 bagian.
  4. Bulat-bulatkan adonan hingga menyerupai bola-bola kecil.
  5. Olesi bagian atas adonan dengan margarin.
  6. Tutup adonan dengan menggunakan plastik atau kain bersih dan tunggu selama 60 menit sebelum dilanjutkan ke proses selanjutnya.
  7. Jika telah didiamkan selama 60 menit, ambil adonan dan pipihkan hingga tipis satu persatu. Anda dapat memipihkannya dengan menggunakan penggilasan atau cukup ditekan-tekan dengan menggunakan telapak tangan.
  8. Olesi adonan yang telah pipih dengan margarin cair.
  9. Gulung adonan dengan bentuk memanjang.
  10. Gulung kembali adonan. Namun kali ini adonan digulung dengan bentuk melingkar dan terlihat seperti konde.
  11. Matangkan adonan dengan cara dipanggang menggunakan teflon atau wajan datar anti lengket. Gunakan api kecil ketika memanggangnya untuk mencegah roti maryam gosong.
  12. Jika satu sisi roti maryam telah matang dan berwarna kecoklatan, segera balik dan biarkan sisi lainnya matang dan berubah warna menjadi kecoklatan juga.

Sangat mudah dan praktis, bukan? Tak perlu memerlukan peralatan dan keahlian yang khusus pula untuk membuatnya. Selamat mencoba.

TAG

resep roti maryam istimewa,resep roti maryam khas arab,cara membuat roti maryam khas arab,resep kue maryam arab,resep roti maryam asli arab,cara membuat roti maryam arab#scso=uid_WS2EVQABaRIKjzKHHwTWaA_1:0,resep roti maryam arab,resep kue roti Maryam ala Arab,resep kue mary,resep jamur crispy olahan jamur tiram

Artikel Terkait

Resep Roti Maryam Istimewa Khas Arab | Rizki Nur Amalia | 4.5