Resep Kue Rangin Enak Gurih Sederhana

Resep Kue Rangin Enak Gurih Sederhana – Kue rangin merupakan salah satu kue tradisional yang saat ini kehadirannya sudah mulai langka. Kue ini dikenal dengan nama yang berbeda di beberapa daerah. Jika di Surabaya disebut rangin, di Jakarta lebih populer sebagai kue pancong, sementara di Bandung disebut bandros. Orang Bojonegoro menyebutnya tratak jaran, sementara Orang Bali mengenalnya sebagai daluman. Jajanan ini disukai karena rasanya yang gurih dan nikmat. Apalagi kalau dimakan saat masih hangat, tak lama setelah dikeluarkan dari cetakannya. Penyuka rasa manis seringkali menambahkan taburan gula pasir di bagian atasnya. Kue rangin biasanya dijajakan para pedagang di sekolah-sekolah, di pusat keramaian, atau dibawa berkeliling di sekitar perumahan warga. Walau harganya relatif murah, jajanan gurih yang bahan dasarnya tepung beras, santan dan kelapa parut ini wanginya sungguh menggoda ketika sedang dipanggang dan hampir matang, sehingga tak jarang membuat orang mengantri untuk membelinya.

Bagi Anda yang ingin mencoba tetapi tidak menemukan pedagang kue ini di sekitar rumah, tak perlu khawatir karena kue ini cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Syarat utamanya tentu saja Anda harus memiliki cetakannya. Cetakan kue rangin ini mirip sekali dengan cetakan kue pukis, dan umumnya dapat ditemukan di toko bahan kue terdekat. Bahan pembuatannya sendiri sederhana saja, hanya berupa bahan masakan yang biasa tersedia hampir di setiap rumah, yaitu terdiri dari tepung beras, kelapa parut, santan, telur ayam, garam dan gula pasir.  Karena kelapa adalah bahan yang dominan di sini dan sangat menentukan kualitas hasil akhirnya, sebaiknya gunakan kelapa parut yang masih segar, santannya juga sebaiknya dari kelapa asli. Baiklah, jika Anda sudah siap membuatnya, mari simak resep selengkapnya berikut ini:

Kue rangin enak

Kue rangin

Resep Kue Rangin

Bahan yang diperlukan:

Advertisement
  • Santan sebanyak 400 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Santan cair sebanyak 600 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Kelapa sedang sebanyak 250 gram, diparut memanjang
  • Tepung beras sebanyak 250 gram
  • Secukupnya garam dapur
  • Telur ayam sebanyak 2 butir, kocok lepas
  • Gula pasir sebanyak 50 g untuk taburan
  • Secukupnya daun pandan
  • Secukupnya minyak goreng atau margarin

Cara membuat Kue Rangin Sederhana

  1. Tuangkan santan dalam sebuah panci, lalu masukkan tepung beras sebanyak 100 g saja, selanjutnya aduk hingga tercampur rata.
  2. Jika adonan sudah rata, nyalakan kompor dan masak sambil diaduk-aduk dengan api sedang saja. Ketika adonan mulai mengental, masukkan beberapa helai daun pandan. Aduk dan masak kembali sampai adonan mengental. Matikan kompor dan diamkan hingga dingin.
  3. Setelah dingin, tuangkan sedikit demi sedikit kelapa parut dan sisa tepung beras ke dalam panci sambil diaduk perlahan-lahan sampai benar-benar rata.
  4. Selanjutnya masukkan juga kocokan telur dan santan cair sambil diaduk-aduk.
  5. Sambil menunggu adonan siap, cetakan bisa mulai disiapkan. Panaskan dulu cetakannya dan beri sedikit olesan minyak goreng atau margarin.
  6. Setelah cetakan panas, kecilkan apinya lalu tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan. Panggang hingga kue rangin matang.
  7. Angkat dan beri taburan gula pasir secukupnya, sajikan.

Mudah saja bukan cara membuatnya? Kini taburan kue rangin sudah semakin bervariasi, tak lagi hanya gula pasir saja. Jadi Anda bisa saja menaburkan di bagian atasnya keju parut atau messis. Anda juga bisa juga menikmatinya dengan susu, madu, selai stroberi atau selai cokelat. Untuk memanggang kue rangin, supaya hasilnya bagus, Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

Baca juga : Resep Kue Nastar Keju Edam Enak

Tips memanggang kue rangin:

  1. Cetakan kue rangin harus dipastikan sudah betul-betul panas ketika Anda menuangkan adonan, sehingga kuenya lebih cepat matang dan bagus hasilnya ketika diangkat.
  2. Olesi cetakan dengan minyak atau margarin secara merata untuk menghindari lengketnya adonan saat dimasak, selain juga memudahkan mengangkat ketika sudah matang nanti.
  3. Agar kue rangin bisa matang sempurna, kecilkan apinya saat memanggang.
  4. Supaya daun pandan memberikan tambahan aroma yang wangi, sobek-sobek dulu pinggirnya dan simpulkan sebelum dimasukkan ke dalam adonan.
  5. Pilih tepung beras berkualitas bagus, supaya kue rangin yang dihasilkan makin legit dan nikmat.

Demikian dan selamat mencoba.

TAG

Mencari resep membikin martabak unyil,resep kueh kueh nastar,Rangin enak,Resep yg pas kue rangin

Artikel Terkait

Resep Kue Rangin Enak Gurih Sederhana | Inti Krisnawati | 4.5