Resep Empek-Empek Cumi Enak Dan Sederhana

Resep Empek-Empek Cumi Enak Dan Sederhana – Pempek merupakan olahan makanan yang berasal dari palembang  meskipun berasal dari salah satu daerah di pulau sumetera tetapi eksistensi dari pempek sudah tersohor ke seluruh indonesia. Pempek biasanya terbuat dari ikan baik itu ikan belida, ikan tenggiri atau ikan yang lainya.  Pempek ada banyak sekali jenisnya mulai dari pempek adaan, pempek kulit bahkan pempek lenjer dan kapal selam.  Terdapat banyak sekali olahan pempek mulai dari pempek rebus, pempek goreng sampai dengan pempek panggang semua nya sama-sama enak dan menggugah selera. Pempek tidak lengkap jika disajikan tanpa tambahan kuah cuko.  Kuah cuko ini bercita rasa asam, pedas dengan ciri khas kuah berwarna coklat gelap.  Pempek dan cuka adalah salah satu sajian kuliner yang sangat sayang untuk anda lewatkan.

Namun jika anda tidak memilki stok ikan giling di kulkas atau lemari es anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan memberikan resep pempek tanpa ikan.   Untuk rasanya sendir pempek ini sungguh nikmat, teksturnya juga sangat kenyal dan tidak amis. Resep pempek ini terbuat dari cumi-cumi lho. Resep Empek-Empek Cumi Enak Dan Sederhana sudah kami tuliskan untuk anda bisa dicoba di rumah.  Selain rasanya yang sudah tidak perlu diragukan lagi, proses pembuatan pempek cumi ini juga cukup gampang.  Dari pada berlama-lama yuk segera kita intip dan eksekusi resepnya.

Resep Empek-empek Cumi Enak Dan Sederhana

Baca juga : Pempek Adaan, Resep Pempek Palembang Asli

Bahan yang dibutuhkan :

  • Cumi segar sebanyak 500 gram
  • Sagu/tapioka sebanyak 500 gram
  • Garam halus sebanyak 1 sdm
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Secukupnya air bersih secukupnya

Kuah cuka :

  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Cabai keriting sebanyak 6 buah
  • Cabai rawit sebanyak 3 buah
  • Tauco asin sebanyak 3 sdm
  •  garam halus secukupnya
  •  gula pasir secukupnya
  • Cuka putih secukupnya
  • Air bersih secukupnya

Cara membuat Empek-Empek Cumi :

  1. Langkah awal, kita siapkan terlebih dahulu cumi-cuminya. Pisahkan antara bagian kepala dan badan cumi lantas buang tulang plastik serta tinta hitam yang ada di bagian badan cumi.  Cuci bersih hingga daging cumi benar0benar bersih dan bebas dari kotoran serta tinta, kemudian tiriskan.
  2. Haluskan cumi menggunakan blender atau chooper sampai daging cumi halus dan lembut. Anda tidak perlu menambahkan air karena nantinya cumi akan mengeluarkan air.  Jika sudah halus dan lembut, letakan daging cumi tersebut ke dalam wadah bersih.
  3. Tuangkan tepung sagu ke dalam wadah cumi giling sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Pastikan anda mengaduk cumi dan tepung dengan benar agar hasil adonan menjadi rata dan menyatu.
  4. Tuangkan air sedikit emi sedikit sambil tangan terus mengulemi adonan. Aduk semua bahan tersebut sampai tercipta adonan yang kalis atau tidak lengket di tangan.  Pastikan juga agar adonan pempek tidak terlalu keras arena nantinya tekstur pempek tidak akan empuk.
  5. Jangan lupa untuk memanaskan dandang atau kukusan dengan menggunakan api sedang sampai air yang ada di dalamnya mendidih.
  6. Bagi adonan pempek cumi dalam beberapa bagian kemudian bentuk bulat memanjang. Lakukan sampai semua adonan habsi kemudian kukus hingga adonan matang dan mengeras, matikan api lalu diinginkan.  Potong-potong pempek cumi lalu goreng di atas minyak panas hingga kering dan berkulit kemudian angkat.
  7. Untuk membuat cuka, anda hanya perlu menghaluskan cabai keriting, cabai rawit seta bawang putih.
  8. Didihkan air lantas masukan bumbu halus serta bahan-bahan lain ke dalam panci. Masak terus sampai air mendidih, jangan lupa cicipi rasanya agar sesuai dengan selera, jika sudah siap matikan api dan diinginkan.  Sajikan pempek cumi dengan kuah cuka sebagai cemilan anda.

Baca juga : Resep Cara Membuat Kue Gandus Mudah Enak dan Lembut

Pempek cumi ini sungguh sanga enak tetapi kuncinya adalah ketepatan anda dalam memilih cumi.  Pilihlah cumi yang segar dan masih fresh.  Cumi yang segar ditandai dengan bentuknya yang masih keras dan memiliki bau khas laut yang amis.  Jika cumi teksturnya sudah lembek dan berair, ini indikasi bahwa cumi sudah cukup alam berada di daratan atau d dalam lemari es.  Cumi yang segera juga berwarna keputihan dengan bintik ungu gelap di sekujur badannya.  Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

TAG

cara dan proses bkn ci reng,cara bikin empek empek cumi
Loading...
Resep Empek-Empek Cumi Enak Dan Sederhana | Syella Zaneta Poetri | 4.5