Cara Membuat Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan

Cara Membuat Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan – Pizza memang makanan khas italia, tetapi eksistensinya di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi.  Bahkan makanan italia juga sudah sangat akrab dengan kita, hal itu terbukti dari adanya resto atau kedai khas italia yang berjejeran di pinggir jalan.  Salah satu makanan alia yang sudah sangat akrab di lidah kita adalah pizza.  Pizza merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu yang diolah menjadi roti.  Di atasnya diberi tambahan bahan-bahan lain seperti saus, sayuran serta daging.

Pizza dimasak dengan proses pematangan menggunakan oven dengan cara dibakar atau dipanggang. Pizza tidak hanya bisa dimakan sebagai cemilan tetapi juga menu untuk mengganjal lapas.  Di dalam pizza sendiri sudah tersedia kandungan protein, karbohidrat yang cukup untuk memenuhi gizi kita sehari-hari.  Bagi anda yang tidak memiliki oven anda bisa memasak pizza dengan menggunakan teflon.  Cara Membuat Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan  yang sangat minimalis dan dijamin hemat.

resep Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan, cara membuat Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan, Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan

Baca juga : Resep Cara Membuat Pizza Tahu dan Sosis Lezat

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung terigu berprotein sedang sebanyak 250 gram
  • Susu bubuk sebanyak 1 sdm
  • Ragi instan sebanyak 1 sdm
  • Margarin sebanyak 2 sdm, cairkan
  • Garam halus sebanyak ¼ sdt
  • Air hangat sebanyak ½ gelas

Bahan topping :

  • Sosis sebanyak 5 buah, iris tipis
  • Bawang bombay sebanyak 1 buah, iris tipis
  • Saus tomat secukupnya
  • Saus mayones secukupnya

Cara membuat Cara Membuat Pizza Mini Tanpa Oven :

  1. Mula-mula kita buat terlebih dahulu bahan biang untuk membuat dough pizzanya. Ambil setengah gelas air hangat kemudian masukan susu bubuk ke dalamnya dan adu-aduk hingga rata.  Tambahkan ragi instan ke dalam larutan susu kemudian aduk kembali biarkan hingga ragi aktif dan mengembang sekitar 10-15 menit.  Pastikan ragi yang akan kita gunakan dalam keadaan bagus, yang ditandai dengan adanya buih atau gelembung kecil di pinggiran gelas.
  2. Ambil wadah lain yang bersih dan berukuran agak besar kemudian masukan bahan-bahan kering yaitu tepung terigu serta larutan ragi yang tadi sudah kita buat sebelumnya. Aduk-aduk semua bahan hingga rata dan kalis.  Kalis artinya tidak menempel di tangan, jika masih menempel di tangan, uleni dan aduk-aduk lagi hingga benar-benar elastis untuk siap digunakan di tahap selanjutnya.
  3. Tambahkan margarin serta garam halus ke dalam adonan dough pizza tadi lalu aduk dan uleni kembali semua bahan sampai rata. Jika sudah istirahatkan adonan selama 25-30 menit hingga adonan mengambang atau proofing. Jangan lupa untuk menutup wadah dengan serbet bersih yang lembab agar proses proofing semakin maksimal.
  4. Jika sudah proofing pertama makan adonan akan menembang maka kempiskan adonan dengan cara memukul-mukul adonan hingga ukurannya kembali ke bentuk semula. Bagi-bagi adonan ke beberapa  bagian kemudian bentuk bulat.  Pipihkan dengan menggunakan rolling pan atau menggunakan tangan dan pastikan di bagian sisinya agak tinggi untuk mencegah toping jatuh atau bertaburan.
  5. Oles bagian permukaan adonan dengan saus tomat serta mayoneis kemudian tambahkan bahan-bahan isian lain yaitu irisan sosis, bawang bombay kemudian tambahkan lagi saus tomat serta mayoneis. Lakukan hal yang sama pada semua bahan adonan dan sisihkan sejenak.
  6. Siapkan wajan anti lengket atau teflon kemudian panaskan dengan api kecil. Oleskan sedikit saja margarin di atas permukaan teflon lalu tata pizza yang sudah kita buat tadi ke atas teflon, tutup dan masak hingga pizza matang sempurna.  Cek kematangan pizza dengan melihatnya pinggiran roti yang sudah berwarna kuning kecokelatan, jika pizza sudah matang matikan api dan pizza mini siap untuk dinikmati selagi hangat.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Pizza Sederhana

Pizza ini memang sangat cocok untuk jualan dan bisa menjadi salah satu jenis jajanan yang anda jajakan.  Isian atau toping pizza ini bisa disesuaikan dengan keinginan anda, misalnya saja menggunakan potongan bakso, atau isian daging panggang yang tipis. Untuk anda yang ingin sajian pizza yang pedas anda bisa menggunakan saus sambal namun jika anda ingin sensasi pizza yang rasanya netral untuk dinikmati semua orang, anda bis menggunakan saus tomat.  Untuk menjaga kebersihan pizza ini, sajikan pizza ini dalam plastik kecil dan siap dijajakan di mana saja.

TAG

cara membuat endog lewo dari singkong,RESEP GURAME MSK PESMOL,tip memasak gudeg
Loading...
Cara Membuat Pizza Mini Tanpa Oven Untuk Jualan | Syella Zaneta Poetri | 4.5