Cara Membuat Lontong Daun Pisang Praktis

Cara Membuat Lontong Daun Pisang Praktis – Nasi merupakan makanan pokok khas bangsa indonesia yang biasa kita konsumsi sebagai bahan makan yang kaya akan karbohidrat.  Banyak sekali dari kita yang mengonsumsi nasi ditambah dengan lauk pauk pilihan sehingga siap dinikmati bersama sanak keluarga.  Nasi kaya akan zat arang yang menjadi sumber tenaga bagi tubuh.  Tahukah anda bahwa nasi tidak hanya bisa diolah menjadi nasi biasa saja, tetapi bisa juga disulap menjadi menu-menu pilihan lain seperti nasi uduk, nasi kuning, kerupuk nasi, apem nasi, ketupat serta lontong.   Menu-menu nasi inilah yang bisa kita nikmati baik sebagai makanan berat tetapi juga makanan ringan yang sap menggoyang lidah.

Lontong adalah cara memasak nasi dengan menggunakan bahan lain untuk membungkusnya.  Bahan tersebut bisa berupa bahan tradisional yaitu daun pisang atau bahan yang lebih praktis seperti halnya plastik.  Pada akhirnya lontong akan berbentuk seperti selongsong atau tabung memanjang yang cukup panjang.  Untuk penyajiannya sendiri lontong biasa di potong menjadi ukuran yang lebih kecil agar mudah di masak.  Nah kali ini kami sudah menghadirkan resep sekaligus Cara Membuat Lontong Daun Pisang Praktis dan bisa ada praktikan di dapur anda.  Resep ini juga menggunakan daun pisang sehinga tampilan dan cita rasa lontong semakin sedap dan nikmat.  Segera simak dan siapkan bahan-bahan sebelum kita mulai memasak.

4.Cara Membuat Lontong Daun Pisang Praktis

Bahan yang dibutuhkan :

  • Beras dengan kualitas terbaik sebanyak 250 gram
  • Daun pisang untuk membungkus, secukupnya
  • Air untuk merebus, secukupnya
  • Tusuk gigi atau lidi untuk menyemat secukupnya

Baca juga : Resep Membuat Kue Lontong Paris Enak

Cara Membuat Lontong Daun Pisang :

  1. Pertama kita siakan terlebih dahulu daun pisang yang akan kita gunakan. Ambil dan pisang kemudian bersihkan menggunakan lap bersih yang lembab agar debu atau kotorannya bisa hilang.  Jika sudah bersih kemudian potong-potong daun pisang tadi berukuran 20 cm x 30 cm, lakukan sampai semua daun pisang habis dan sisihkan sejenak.
  2. Siapkan wadah bersih lalu masukan beras ke dalamnya. Cuci beras sebanyak 2-3 kali sama bersih dari debu dan kotoran kemudian tiriskan airnya.  Tambahkan lagi air bersih ke dalam wadah sampai beras terendam.  Biarkan beras selama 2 jam agar pori-pori beras lebih terbuka, jika sudah segera tiriskan beras hingga kadar airnya berkurang.
  3. Ambil beberapa lembar daun pisang dan bentuk menyerupai tabung, semat salah satu bagian ujungnya dengan lidi agar beras tidak keluar nasinya.  Lakukan sampai semua daun siang habis.
  4. Masukan beras yang sudah di rendam tadi ke dalam cetakan daun pisang sampai ½ penuh. Tutup kembali bagian sisi yang ahlinya menggunakan sematan lidi.  Lakukan sampai semua beras habis.
  5. Ambil panci yang berukuran sedang kemudian susun lontong di dalamnya hingga rapi. Tambahkan air bersih ke dalam panci sampai lontong terendam air.  Masak sampai lontong matang menggunakan api sedang selama 2 jam.  Cek kematangan lontong dengan menggunakan tes tusuk, tusuk bagian tengah lontong menggunakan lidi bersih jika terasa empuk dan lembut berebut lontong sudah siap untuk di angkat.  Namun jika saat ditusuk lontong masih keras dan terasa berpasir, masak lagi lontong lebih lama.  Jika sudah angkat lontong dan biarkan hingga suhu rang, potong lontong dan lontong siap untuk disajikan bersama menu-menu lainya.

Baca juga : Cara Membuat Lontong Sayur Enak dan Lezat

Untuk menghasilkan lontong nasi yang bagus ada beberapa tips yang akan kami berikan.  Pertama selalu gunakan beras dengan kualitas baik ketika membuat lontong, selain agar rasanya lebih pulen, beras dengan kualitas baik juga memiliki warna yang putih sehingga lontong akan bersih saat masak.  Kedua pastikan bahwa jumlah atau takaran beras yang anda gunakan sudah cukup, jangan terlalu padat atau terlalu sedikit.  Jika terlalu padat, lontong akan pecah tetapi jika beras terlalu sedikit lontong tidak akan berbentuk sempurna.  Ketiga gunakan daun pisang yang berwarna hijau tua dan sebaiknya lemaskan terlebih dahulu daun pisang dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari atau meletakanya sebentar di atas api.  Cara ini sangat efektif untuk membuat daun pisang tidak gampang sobek ketika digulung bersama beras.

TAG

berat bersih lontong kecil,tips membuat lontong daun pisang,walpaper hd lontong daun pisang
Loading...
Cara Membuat Lontong Daun Pisang Praktis | Syella Zaneta Poetri | 4.5