Cara Membuat Kremesan Ayam yang Renyah

Cara Membuat Kremesan Ayam yang Renyah – Ketika kita ingin menikmati seporsi ayam kremes, pastinya kita akan berkunjung ke resto atau rumah makan khas daerah yang menyajikan menu seperti ini.  Daging ayam goreng yang gurih memang rasanya akan berpadu sempurna dengan kremesan yang memiliki tekstur garing dan renyah.  Apalagi jika dimakan bersama dengan lalapan segar dan sambal terasi, dijamin acara makan anda semakin nikmat dan enak. Namun akan sayang jika anda tidak bisa menyajikan makanan ini setiap hari, karena tentu harga ayam kremes dibandrol dengan harga yang cukup mahal apalagi jika kita menyantapnya bersama keluarga tercinta ya.

Keluhan yang biasa ditemui jika kita membuat kremesan sendiri adalah kremesan yang cenderung agak lempem dan terlalu tebal sehingga kurang renyah. Ditambah jika adonan kremesan tidak pas, maka hasil kremesan akan berminyak sehingga kurang sedap dipandang.  Tetapi anda tidak perlu risau, karena saat ini kami akan menghadirkan resep sekaligus Cara Membuat Kremesan Ayam Yang Renyah dan tentu saja bercita rasa gurih.  Resep ini juga menyajikan kremesan yang renyahnya awet dan tidak mudah melempem, yang dijamin akan membuat sajian ayam goreng kremes anda super nikmat.  Tekstur kremesan ini juga sangat garing dan betul-betul kriuk.  Penasaran ingin mencoba, yuk simak dan catat resep mudahnya.

21.Cara Membuat Kremesan Ayam yang Renyah

Bahan yang dibutuhkan :

  • Santan kental sebanyak 300 ml, dari ¼ butir kelapa
  • Garam halus sebanyak ½ sdt
  • Tepung sagu sebanyak 30 gram
  • Tepung beras sebanyak 125 gram
  • Kaldu ayam bubuk sebanyak ½ sdt
  • Bawang putih sebanyak 5 siung, haluskan
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Air bersih sebanyak 50 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kremesan Ayam :

  1. Mula-mula siapkan wadah bersih dan tuangkan tepung terigu ke dalamnya. Tambahkan santan kental ke dalam wadah tersebut sambil diadu-aduk, tang adonan sedikit demi sedikit hingga di dapat adonan yang kental dan lembut.
  2. Masukan bahan lain yaitu tepung beras, garam halus, bawang putih halus, kaldu ayam, kuning telur ayam serta air. Aduk-aduk kembali semua bahan sampai menyatu dan tidak ada bahan yang menggumpal atau bergerindil.
  3. Panaskan wajan dan tuangkan juga minyak goreng ke dalamnya dengan takaran yang cukup banyak agar memudahkan proses pemasakan kremesan. Panaskan dengan api sedang hingga minyak panas  diatas kompor
  4. Ambil sendok sayur dan gunakan untuk mengambil adonan kremesan. Tuang adonan agar tinggi agar didapat kremesan yang berserabut kemudian goreng hingga matang sambil sesekali di balik agar tidak gosong.  Jika sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan dan kremesan ayam siap untuk dinikmati.

Sebagai tips agar menghasilkan kremesan ayam yang benar-benar renyah, kami akan membeberkan rahasia yang wajib anda coba.  Pertama perhatikan tekstur dari adonan kremesan yang anda buat. Adonan kremesan yang garing akan cair sehingga mudah menjadi kremesan yang tipis jika digoreng,  jika adonan masih kental tambahkan sedikit air sampai kekentalanya cukup pas. Tips selanjutnya adalah goreng kremesan dalam minyak panas sedikit demi sedikit untuk membuat serabut kremesan yang garing dan bergerombol.  Jika anda menuangkan adonan kremesan terlalu banyak justru adonan akan menggumpal dan menjadi lebih lama matang.  Terakhir untuk menjaga kualitas dari kremesan, pastikan bahwa anda sudah meniriskan minyak sampai benar-benar kering sebelum kremesan disimpan atau disajikan.  Kremesan yang masih mengandung banyak minyak akan membuat kremesan menjadi basah dan tentu saja cepat lempam.

Tips lain adalah tuang adonan cukup tinggi agar menghasilkan kremesan yang lebih berserabut dan membentuk sarang.  Jika anda menuangkan adonan rendah maka serabut tidak muncul dan adonan malah melebar seperti rempeyek. Jika anda suka kremesan ayam yang lebih wangi, anda bisa mengambil beberapa lembar daun jeruk dan mengirisnya halus.  Tambahkan ke dalam adonan kremesan dan aduk-aduk rata lalu kemudian digoreng.  Pastikan untuk mengangkat adonan sebelum benar-benar kering karena kremesan sangat mudah gosong.  Jangan lupa sajikan kremesan ini pada ayam goreng anda agar tercipta sajian ayam kremes yang garing, gurih dna nikmat. Semoga tips yang kami bagikan bermanfaat, selamat mencoba.

TAG

cara membuat mie yg enak dan kenyal tanpa bahan pengawet
Loading...
Cara Membuat Kremesan Ayam yang Renyah | Syella Zaneta Poetri | 4.5