Cara Memasak Sayuran yang Benar dan Sehat

Cara Memasak Sayuran yang Benar dan Sehat – Sayuran menjadi salah satu bahan makanan pokok yang wajib untuk kita konsumsi.  Telah banyak sekali pakar kesehatan menganjurkan kita untuk makan banyak mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.  Terlebih bagi anda yang ingin diet atau memangkas bobot tubuh, makanlah banyak sayuran agar kebutuhan nutrisi terjaga dan tetap mendapatkan asupan nutrisi.  Sayuran juga mengandung banyak sekali serat yang sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan termasuk sembelit atau susah buang air besar.  Memasak sayuran sebenarnya susah-susah gampang kuncinya adalah timing atau penggunaan waktu masak yang tepat agar gizi pada sayuran tidak hilang dan tetap bisa kita nikmati. Sayuran kaya akan kandungan mineral, vitamin serta air.  Kita kenal sayuran dengan bermacam-macam warna.  Ada sayuran hijau, sayuran kuning, sayuran putih, sayuran merah, sayuran jingga serta sayuran berwarna lainya.

Masing-masing sayuran memiliki khasiatnya yang bisa kita ambil khasiatnya.  Harga dari sayuran juga cukup terjangkau malah cenderung murah, sehingga tentu saja banyak manfaat yang akan kita terima yaitu sehat dan hemat.  Terlebih lagi sayuran bisa kita temukan dengan mudah misalnya saja penjaja sayuran keliling, kios sayuran, pasar tradisional atau bahkan super market besar.  Nah kali ini kami akan memberikan tips sekaligus Cara Memasak Sayuran yang Benar dan Sehat sehingga bisa anda praktikan di rumah, yuk simak bersama. Sebelum kita memasak sayuran, pastikan terlebih dahulu bahwa sayuran yang anda gunakan betul-betul sayuran yang segar.  Pilihlah sayuran yang masih keras dan tidak lembek.  Perhatikan juga warna dari sayuran, warna sayuran segar akan terlihat sangat alami dan menggiurkan, berbeda halnya dengan sayuran yang tidak layak konsumsi akan layu dan cenderung berkerut di permukaannya.

26.Cara Memasak Sayuran yang Benar dan Sehat

  • Masaklah sayur-sayuran tersebut dalam porsi kecil

Sayuran adalah bahan makanan yang mudah rusak, tidak disarankan untuk memasak sayuran dalam porsi besar terlebih jika anggota keluarga di rumah juga sedikit.  Usahakan untuk membuat sayuran dalam porsi 1 kali makan agar bisa dihabiskan dalam 1 kali waktu makan misalnya sarapan, makan siang atau makan malam saja.  Ini untuk menghindari sayuran yang dibiarkan terlalu lama untuk disajikan di udara terbuka

Baca juga : Resep Memasak Tumis Sayur Cuciwis Sedap Lezat

  • Sebaiknya cuci terlebih dahulu sayuran sebelum dipotong.

Baiknya cuci terlebih dahulu sayuran sebelum di potong.  Selain agar lebih praktis ketika memasak.  Memotong sayuran setelah di cuci juga agar nutrisi dan zat gizi yang ada di dalam sayur tidak hilang bersama air saat proses pencucian.  Sayuran yang dicuci setelah dipotong akan membuat kandungan nutrisi ikut larut dan terbuang bersama air cucian.

  • Jangan menghangatkan kembali sayur

Ada beberapa sayuran yang tidak bisa dihangatkan kembali.  Selain tampilan sayuran akan berubah, banyak zat di dalam sayuran yang akan hilang atau justru berpotensi menjadi zat karsinogenik yang berbahaya bagi tubuh.  Contoh sayuran yang tidak dapat dipanaskan kembali adalah bayam serta sayuran hijau lainya.  Sayuran yang dihangatkan berulang-ulang juga bisa mengubah cita rasa, warna serta tekstur dari sayuran itu sendiri.

  • Masak sayuran tidak terlalu lama

Sayuran yang terlalu lama di masak akan berubah warna, selain itu proses pemasakan yang lama juga akan membuat zat gizi yang ada di dalam sayuran bisa berkurang bahkan rusak.  Memang memasak sayur lebih lama akan membuat tekstur sayuran lebih empuk tetapi tentu saja sayuran akan terlihat layu saat dihidangkan. Proses pemanasan yang lama juga akan membuat warna sayuran menjadi berkurang serta merusak nutrisi yang ada di dalamnya karena over cook.

  • Olah sayur segera

Banyak mungkin dari anda yang melakukan stok terhadap sayuran misalnya dengan membeli dalam jumlah banyak dan menyimpannya di lemari es.  Padahal sebenarnya hal itu akan membuat sayuran kurang segar.  Ada baiknya segera olah sayuran yang anda beli untuk menjaga cita rasa, warna serta tekstur sayuran agar lebih terjaga.

Baca juga : Resep Memasak Daging Sapi Cah Kailan Spesial Simpel dan Enak

Itulah beberapa Cara Memasak Sayuran yang Benar dan Sehat yang bisa kami bagikan kepada anda.  Selalu ingat bahwa sayuran adalah bahan makanan yang masa simpanya tidak terlalu lama. Jadi segera olah sayuran yang anda beli agar khasiat dan nutrisi bisa dirasakan, selamat memasak.

TAG

cara memasak sayuran yang benar,cara memasak sayur dengan benar,bagaimana cara mengolah sayur yang benar,cara memasak sayur agar tetap sehat,cara memasak sayuran hijau yang benar,masak sayur dengan benar,masak sayur hijau yang benar
Loading...
Cara Memasak Sayuran yang Benar dan Sehat | Syella Zaneta Poetri | 4.5